c'mon comrade

Monday, May 23, 2011

mereka, hobi kencing sembarangan di tepi jalan

Sepanjang jalan dari rumahku di Johor menuju kantor, aku (gak sengaja) melihat adegan cukup memalukan. You know what? Thats orang kencing berdiri dan sembarangan pula. Mereka itu, dua anak laki-laki kira-kira umurnya 5 tahun, dan satu lagi, lelaki dewasa, kutaksir umurnya 28 tahun. Kencing di dekat pohon, dan parahnya lagi, di jalan yang rame dilalui orang.

Kejadiannya tadi pagi, pukul 11.00 am. Sial sekali kan? Untung saja setelah melihat itu mataku tidak bintitan. Meski begitu, aku jadi kesal sendiri dan mengutuk dalam hati.

Bukan sekali ini aja aku melihat adegan seperti itu. Tapi cukup sering! Kapan sih Indonesia ini bersih dari orang kencing sembarangan? Jorok dan bau tau…! Dan biasanya yang seperti itu dilakukan oleh laki-laki. Mereka tidak peduli, kalau sudah kebelet atau sudah terhujung (bahasa temanku), langsung tembak tanpa lihat sana-sini. Etika nya entah dimana..

Bagaimana dengan anak kecil? Oke. Meski mereka belum mengerti, hendaknya orang tua mengajarkan etika untuk tidak kencing berdiri dan juga tidak melakukannya di sembarang tempat. Jadi untuk kedepan, mereka bisa belajar lebih sopan dengan kencing di kamar mandi, meski kebelet sekalipun. Anjuran ini tanpa tawar menawar ataupun negosiasi!

Atau ada diantara kalian yang pernah kencing berdiri dan sembarangan? Saranku, jangan lagi lakukan.

0 komentar:

Post a Comment

 
Free Host | lasik eye surgery | accountant website design