c'mon comrade

Friday, May 20, 2011

Cemilan Ringan Dari Salak Sidempuan

Mungkin kalau memakan buah salak, kalian pasti sudah biasa. Tapi ada yang pernah memakan makanan yang diolah dari buah salak? Well, meski banyak yang sudah mengenal buahnya, tapi tak banyak yang mengenal olahan apa saja yang dibuat dari buah salak.

Mari kita intip usaha cemilan salak yang dikelola oleh temanku ini. Bermacam ragam olahan dari buah salak, bisa kalian nikmati sepuasnya. Bagi pencinta kuliner dan penikmat salak, kudu meyempatkan diri mampir ke Rumah Salak Agrina di jalan Karya Wisata depan komplek johor, tepatnya di simpang jalan Eka Rasmi, Medan-Sumatera Utara. Kalian akan menemukan banyak makanan yang diolah dari buah salak. Ada sirup, keripik, dodol, sampai minuman berenergi yang tentu saja bergizi tinggi. Selain sebagai cemilan untuk dikonsumsi sendiri, makanan dari buah salak ini juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh bagi keluarga, teman atau pacar. Karena kemasannya pun eksklusif, gak kalah sama cemilan yang dijual di supermarket. Seperti keripik salak, dikemas di dalam kotak berukuran kira-kira 6 x 3cm, kelihatan bergengsi dan rasanya pun yummy. Oya, kabarnya, Rumah salak yang didirikan teman kita ini juga pernah diaugerahi penghargaan sebagai produk kuliner cemilan terbaik di Sumatera Utara lo.

Menurut Tri, pemilik Rumah Salak Agrina, semua jenis makanan dan minuman yang ada di tokonya, berbahan dasar salak asli Sidempuan, Tapanuli Selatan yang rasanya memang sudah terkenal di kalangan penyuka buah salak. “kita gak ngolah di medan. Tapi semua makanan disini memang bahan dasarnya salak. Seperti dodol, diolah dari salak dan dicampur tepung ketan sebagai perekat. Trus juga agar-agar salak, dicampur dengan rumput laut. Untuk madu, hanya ditambah sedikit gula. Semua hasil olahan salak ini diekstrak secara alamiah dari sari buah salak yang berkualitas, rasanya manis tapi gak ngebosenin lidah karena tergolong herbal” papar Tri.

Soal harga, sangat kompromi. “murah-murah kok. Harga paling rendah Cuma Rp. 12. 500 dan cemilan dengan harga tertinggi Rp. 30.000,-“ kata Tri menerangkan harga-harga cemilan salak olahannya.

Bukan hanya sebagai cemilan ringan, tapi salak juga menyehatkan karena adanya kandungan vitamin C dalam buahnya. Jadi cukup aman dikonsumsi segala usia. Soalnya di dalam buah salak tidak menyimpan karbohidrat jahat yang sangat tidak aman untuk kesehatan. Lagipula, cemilan dari buah salak ini tidak memakai bahan pengawet dan pewarna. “hasil olahan salak ini banyak gizinya. Karena mengandung kalsium, tanin, saponin dan flavonoida. Jadi bisa menurunkan kadar gula darah, mempertahankan kelembaban kulit, dan meningkatkan daya tahan tubuh serta bisa mengobati diare. Untuk yang lagi program diet, hasil olahan salak ini makanan yang paling cocok” tambah Tri lagi.

Voila..! Dengan ngemil olahan salak khas sidempuan ini, kamu gak perlu takut body menggendut. Silakan dicoba ya.

2 komentar:

Unknown said...

semoga makin lancar usahanya mbak....semakin sukses...semakin barokah...semakin dicinai Allah...

literasi said...

kak, boleh minta contak nya ga atau pin BB nya untuk reseller?

Post a Comment

 
Free Host | lasik eye surgery | accountant website design